Alasan Mengapa Laptop Dengan Prossesor I5 Bisa Bekerja Dengan Sangat Cepat

Berbeda seperti pada saat diciptakan, laptop hari hari ini telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan utama bagi banyak orang. Laptop yang pertamnya termasuk barang mewah, kini menjadi salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki oleh hampir semua  orang. Mulai dari siswa untuk keperluan membuat tugas serta belajar di sekolah, sampai pegawai di perusahaan, semuanya membutuhkan laptop untuk menunjang pekerjaannya.

Tidak hanya itu saja, beberapa orang justru memiliki sebuah laptop karena wajib, alias sangat diperlukan dalam kehidupan mereka. Apakah teman-teman juga termasuk salah satu di antaranya? Saat ini, laptop memang tidak dapat di pungkiri bahwa telah menjadi barang kebutuhan begi setiap orang. Namun tahukan kalian bahwa ada alasan mengapa laptop dengan prossesoer i5 dapat bekerja dengan sangat cepet? Simak pembahasan dibawah ini:

  • Berasal Dari Nehalem

Sobat pasti jarang mendengar kata atau istilah Nehalem? Nehalem merupakan salah satu kode arsitektur dari mikroprosesor Intel. Nah, prosesor Intel Core ā€œiā€ dibuat dengan berdasar dari Nehalemnya. Nehalem dapat menjadikan performa yang lebih tinggi, namun pemakaian konsumsi daya jauh lebih rendah. Pertama, keluar Core i7 di akhir tahun 2008 lalu, yang berdasarkan arsitektur Nehalem.

Kemudian, keluar lagi produk lain seperti i3 dan i5. Produk lainnya juga bermunculan dengan memanfaatkan dasar arsitektur yang sama. Perbedaan utama Nehalem dengan yang sebelumnya adalah pada chipset MCH yang langsung diintegrasikan di prosesor, dari sebelumnya di motherboard pada mastekno.com.

  • Penggabungan Dari  Komponen

Ciri Core berikutnya adalah ada banyak komponen yang digabungkan menjadi satu komponen, dalam prosesor. Misalnya, RAM yang sekarang digabungkan ke prosesor, tentu berbeda dengan sebelumnya, bukan? Selanjutnya, penggabungan menjadi lebih massif. Mulai dari VGA yang digabungkan dalam sebuah prosesor, dan sebagainya. Prosesor terbaik adalah prosesor yang mempunyai banyak jumlah Core di dalamnya.

Secara sederhana Core dijelaskan sebagai komponen utama yang cukup penting di dalam sebuah prosesor. Nah, khusus prossesor Core i5, ada sekitar 4 buah Core yang ditanamkan di dalamnya sehingga menjadikan kecepatan proses menjadi lebih baik lagi, termasuk pada saat bekerja lebih padat.

  • Adanya Fitur Turbo Boost

Berikutnya, pada Core i5 ada salah satu fitur yang keunggulannya yaitu kerja lebih cepat. Dengan teknologi ini, maka Core pada prosesor akan bekerja lebih cepat, dengan demikian teman-teman bahkan dapat bekerja dengan cepat walaupun aplikasinya multithreading. Apabila pendingin yang sobat mempunyai cukup handal, maka kinerjanya tentu akan lebih cepat. Konsep dasarnya adalah dengan bekerja cepat, pasti dapat beristirahat lebih cepat lalu menghemat banyak energi, bukan. Akhirnya, Anda bisa lebih berhemat laptop sobat juga akan lebih awet.

  • Penggunaan Fitur Arrandale

Pada produk yang memanfaatkan teknologi Nehalem dan pastinya akan menemukan satu nama baru yaitu Arrandale. Fitur ini merupakan kode bagi notebook yang mempunyai VGA yang terintegrasi dalam prosesor. Umumnya, Arrandale ini memiliki prosesor dua unit atau sering juga dipanggil dual core. Dan kekuatan akan jadi lebih tinggi. Arrandale ini sengaja dibuat untuk intel core i3, i5 dan i7. Yang membedakan hanya jika pada produk i3, Arrandale tidak dilengkapi dengan perangkat  turbo boost.

  • Menggunakan VGA

Pertama kali VGA dirilis dan menjadi standar tampilan dalam sebuah komputer. VGA sering juga dipanggil sebagai video card, display card, dan macam-macam sebutan lainnya. Resolusi layar berukuran 640×480 menjadi salah satu syarat utama VGA. VGA ini juga menjadi penerjemah keluaran gambar ke monitor dari cpu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *